WASIAT IMAM JAFAR SHADIQ

Desember 7, 2009 at 8:50 am (Uncategorized)

Tokoh yang satu ini terkenal wara dan cerdas luar biasa. Murid beliau berjumlah 4000 orang yang terdiri dari para ulama terkenal dan tokoh-tokoh ilmu pengetahuan dunia, seperti: Jabir bin Hayyan At-Thusi (ahli matematika), Hisyam bin al-Hakam, Mu’min Thaq, Sofyan Ats-Tsauri, Abu Hanifah (pendiri madzhab Hanafi, dan lain-lain. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sebagian kecil nasihat beliau yang terekam dalam kumpulan ucapan-ucapannya, antara lain:

“Hak seorang muslim atas muslim lainnya adalah: (1) hendaklah dia tidak merasa kenyang saat saudaranya kelaparan, (2) tidak merasa puas (dari minum) di saat saudaranya kehausan, dan (3) hendaklah tidak berpakaian (secara berlebihan), sementara saudaranya dalam keadaan telanjang. Alangkah besarnya hak muslim atas muslim lainnya. Lalu beliau melanjutkan pembicaraannya: Perlakukanlah saudara seagamamu dengan sesuatu yang kau suka jika hal itu dilakukan padamu”.

            Ini adalah sebuah ajaran kesederhanaan yang seharusnya dilaksanakan oleh kita semua, terlebih bagi para pemimpin di manapun ia memimpin. Kita tidak boleh merasa kenyang, senang dan bergelimang dalam kekayaan, sementara di kiri-kanan kita banyak orang yang kelaparan, dan terhimpit beban kesusahan. Hari ini mereka bisa makan, sedangkan besok hari masih harus banting tulang mencari sesuap nasi, itu pun kalau ada orang yang membutuhkan tenaganya. Imam Jafar Shadiq mengingatkan kita, bukan soal makanan saja yang harus dijaga, tetapi juga cara berpakaian. Kita diperintahkan untuk tidak berlebihan, bermewah-mewahan sementara saudara kita dalam keadaan yang serba susah (telanjang).

            Selain wasiat yang berkaitan dengan cara berpakaian dan makanan seperti disebutkan tadi, selanjutnya Imam Jafar Shadiq juga memerintahkan kepada setiap muslim untuk memiliki delapan karakter utama dalam hidupnya:

“………(1) tenang saat ada goncangan (kekacauan), (2) sabar ketika ada bencana, (3) bersyukur di kala mendapat kebahagiaan, (4) puas dengan rizki Allah, (5) tidak menganiaya musuh, (6) tidak menekan temannya, (7) berusaha menutup keperluan temannya, dan (8) manusia merasa aman dari tingkah lakunya”.

            Sungguh luar biasa bila kita bisa mengamalkan nasihat Imam Jafar tersebut. Bila kita mampu melaksanakannya, kita akan menjadi mukmin yang paripurna yang akan mendapat kebahagiaan di akhirat. Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita untuk bisa mencapai delapan karakter tersebut. Amien.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: